Google Hangouts




 Pengertian 


         Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang mencakup instant messaging, video chat, SMS dan fitur VOIP.  Ia menggantikan tiga produk messaging yang dilaksanakan Google bersamaan dalam layanannya, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelumnya: Huddle), dan Hangouts, sebuah video chat sistem hadir dalam Google+. Google juga menyatakan bahwa Hangouts dirancang untuk menjadi "masa depan" dari produk telepon, Google Voice, dan terintegrasi beberapa kemampuan dari Google Voice ke Hangouts. [1] Dalam versi terbaru dari Android, Hangouts adalah aplikasi default untuk teks messaging.

Fitur Terbaru Yang Disediakan Oleh Google Hangouts


Dibanding dengan kompetitornya seperti Skype, iMessage, WhatsApp dan Facebook Messenger, Google Hangout dilengkapi fitur-fitur keren yang tidak dimiliki oleh aplikasi chat dan video lainnya. Berikut ini adalah alasan kenapa harus memilih Google Hangout.
Mendukung SMS
Hangouts kini tak hanya mendukung chatting sesama google user, namun dapat mengirimkan sms secara langsung di aplikasi Hangouts dan fungsi Hangouts sama seperti aplikasi “messaging” di Android, karena itu bagi anda yang bosan dengan user interface aplikasi pesan dari smartphone kalian, tidak ada salahnya mencoba aplikasi satu ini. Karena fungsinya yang sama dengan aplikasi SMS, Hangouts menjadi aplikasi default SMS di Android 4.4 Kitkat.
Penambahan “Butter”
Kata “butter” diperkenalkan sejak 4.1 Jellybean dengan nama butter project, kata butter berasal dari bahasa inggris yang berarti mentega, maksudnya Google memperbaiki bug yang ada serta membuat aplikasi lebih cepat, hal ini dianalogikan seperti mentega yang dapat melicinkan permukaan. Karena itu ketika pengguna terus meng-update Hangouts pengguna akan merasakan perbaikan oleh pihak google. Akan tetapi bug yang terdapat di Hangout tidaklah sedikit. Semoga saja kedepannya aplikasi ini dapat berkembang dengan baik.
Emoticon di Google Hangouts
Google membuat emoticon standard sendiri dan mencoba menyaingi emoticon standard milik blackberry, iOS, atau aplikasi messenger lainnya seperti Line dan whatsapp, sayangnya emoticon buatan google ini kurang populer di kalangan remaja. Jumlah emoticon Hangouts tidak terlalu banyak, malah terkesan menjiplak emoticon milik Whatsapp.
Mengirimkan Lokasi Kita dan Gambar
Fitur lainnya kita dapat mengirimkan lokasi kita dan gambar, fitur ini lagi – lagi mirip Whatsapp, namun dibungkus dengan tampilan khas Google. Untuk mengirim gambar dan lokasi via SMS, Hangouts akan otomatis mengirim dengan format MMS dengan biaya khusus, namun apabila via chat, Hangouts akan mengirim seperti messenger lainnya.
Fitur Video Call Dengan 10 Pengguna
Rasanya belum lengkap kalau nge-hangouts tanpa bertatap muka, sejak Google+ diperkenalkan, google mencuri perhatian dengan video call group hingga 10 orang, tentunya ini merupakan kelebihan tersendiri dan Facebook pun ikut meluncurkan fitur serupa. Walaupun aplikasi chatting lainnya memiliki fitur video call, harus diakui Hangouts lebih stabil dibanding aplikasi chatting lainnya seperti Line dan KakaoTalk.
Dengan men-support SMS, Google sepertinya mencoba merebut pengguna mobile khususnya Android untuk meninggalkan aplikasi messenger lainnya. Dengan fitur 2-in-1 pengguna tidak perlu repot berpindah aplikasi untuk sms dan chatting, sayangnya fitur Hangouts sangat standard malah mirip dengan aplikasi Whatsapp.

Kelebihan dan Kekurangan Google Hangouts

Kelebihan : 
- Tersedia di perangkat komunikasi seperti handphone dan komputer.
- Mudah digunakan.
- Dapat melakukan komunikasi group.
- Dapat melakukan panggilan handphone melalui komputer.

Kekurangan : 
- Menggunakan internet untuk berkomunikasi.
- Untuk sejumlah perangkat, App ini terlalu berat.
- Perlu menginstall software lagi untuk melakukan panggilan Hp.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Poster caleg di Photoshop